Selasa, 22 November 2011

Fungsional Sampah

Pengertian Sampah

Sampah adalah semua material yang dibuang dari kegiatan rumah tangga, perdagangan, industri dan kegiatan pertanian. Sampah yang berasal dari kegiatan rumah tangga dan tempat perdagangan dikenal dengan limbah municipal yang tidak berbahaya.

Komposisi Sampah

Berdasarkan komposisinya, sampah dibedakan menjadi dua, yaitu:

1. Sampah Anorganik
Sampah Anorganik ini dapat didaur ulang, Sampah Anorganik ini dapat dikumpulkan dan biasanya dapat dijual. Sayangnya, Sampah anorganik yang tidak didaur ulang ini banyak menyebabkan masalah. Seperti jika kehujanan menimbulkan bau tidak sedap. Selain itu, jika dibiarkan terus-menerus akan mencemari lingkungan dan memenuhi tempat penampungan sampah serta menghasilkan emisi gas. Sampah Anorganik berasal dari sumber daya alam tidak terperbaharui seperti mineral dan minyak bumi, atau dari proses industri. Beberapa dari bahan ini tidak terdapat di alam seperti plastik dan aluminium. Sebagian zat anorganik secara keseluruhan tidak dapat diuraikan oleh alam, sedang sebagian lainnya hanya dapat diuraikan dalam waktu yang sangat lama. Sampah jenis ini pada tingkat rumah tangga. Misalnya berupa botol, botol plastik, tas plastik, dan kaleng.

2. Sampah Organik
Sampah Organik terdiri dari bahan-bahan penyusun tumbuhan dan hewan yang diambil dari alam atau dihasilkan dari kegiatan pertanian, perikanan atau yang lain. Sampah ini dengan mudah diuraikan dalam proses alami. Sampah rumah tangga sebagian organik yang besar merupakan bahan organik. Termasuk sampah organik, misalnya sampah dari dapur, sisa tepung, sayuran, kulit buah, dan daun. Sampah Organik ini merupakan sampah yang dapat di daur ulang juga. Sampah Organik bisa digunakan sebagai pupuk jika diubah menjadi kompos. Meskipun sampah organik menimbulkan cairan yang baunya tidak sedap tetapi sampah organik ini dapat menyuburkan tanah dengan cara membuat tanah menjadi gembur. Sampah Organik ini tidak akan memenuhi tempat penampungan sampah karena sampah organik ini diurai oleh bakteri, sehingga volumenya menyusut. Selain itu ada jenis sampah organik yang dapat difermentasi menjadi biogas yang dapat dijadikan sebagai bahan bakar.

Referensi : http://tsuharyati.blogspot.com/2008/10/resensi-novel-angkatan-66.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar