Rabu, 30 Oktober 2013

JASA BISNIS BARU DI FEDERAL EXPRESS

Tulisan 1

Baru-baru ini manajer Federal Express mampu menggunakan keunggulan perusahaan dalam distribusi yang maka mencakup seluruh dunia bersama dengan kekuatan dalam manajemen informasi dan teknologi untuk memasuki pasalar lain: perencanaan logistik untuk perusahaan global. Logistik mencakup mengelola pergerakkan dan penyimpanan material, suku cadang dan barang jadi dari pemasok, lewat perusahaan, sampai ke pelanggan. Unit Jasa Logistik Bisnis yang baru milik Federal Exspress  menawarkan kepada pelanggan sejumlah jasa bisnis seperti pesanan pembelian, penerimanaan barang, pergudangan, akunting sediaan, pengiuriman, pembekuan, dan pelaporan tagihan.
Misalnya, manajemen National Semiconductor baru-baru ini menyerahkanan diseluruh dunia  bisnis pengiriman barang jadi kepada Federal Express dari Asia Tenggara ke pelanggan diseluruh dunia. Federal Express menjamin pengiriman akan sampai dalam waktu 2 hari merupakan pengurangan yang besar siklus pabrik sebelumnya yang mencapai 5-18 hari. Dengan kontrak yang baru, Federal Express akan menggunakan gudang miliknya sendiri di Singapura untuk menyimpan barang jadi dari tempat perakitan Nasional Semiconductor di Asia Tenggara, mengirimkan barang, mengurus surat izin, di pabean dan menyerahkannya kepada pelanggan.  Nasional Semiconductor akan memasukkan pesanan langsung kedalam database Federal Express dan akan mampu melacak barang tadi pada saat dikirimkan dari sediaan, dikemas, dikirimkan dan diterima oleh pelanggan.
Jasa yang baru ini merupakan contoh puncak bagaimana perencanaan strategis dan implementasi strategi-komponen majemen strategis-bukan hanya hasil dari apa yang dibayangkan oleh manajer untuk perusashaan tertentu seperti Federal Express , tetapi juga hasil dari penyatuan usaha. Manajemen strategis adalah berpindah ke masa depan penuh harapan bersama dengan orang lain.

Referensi:

Stoner, James A.F. 1996. Manajemen Edisi Kedua Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar