Senin, 05 November 2012

Nattiquette


Netiquette adalah Etika dalam berinternet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.
Sebenarnya Nettiquette adalah hal yang umum dan biasa, sama dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.
Sama seperti di dunia nyata, etika di dunia maya pun tidak jauh berbeda. jika Anda berperilaku seenaknya,mungkin saja orang akan tersinggung sehingga Anda akan dilaporkan.
Seiring dengan perkembangan internet yang sangat pesat dan tersentralisasi. Dengan merebaknya Warnet (Warung Internet) maka semua lapisan masyarakat dapat mengakses fasilitas internet ini.
Dengan kebebasan tersebut, dan masyarakat tidak diberikan sosialisasi ataupun penyuluhan tentang etika dan tata cara menggunakan internet yang aman, maka sering terjadi pelanggaran-pelanggaran moral dalam penggunaan internet tersebut seperti :
  • Menggunakan kata-kata kasar
  • Pelanggaran Hak Cipta
  • Pornografi
Hal-hal tersebut adalah isu-isu yang terjadi di masyarakat yang awam terhadap penggunaan internet. Sedangkan pelanggaran-pelanggaran yang sering terjadi di kalangan pakar IT adalah :
  • Hacking
  • Cracking
Dengan merebaknya isu-isu seperti itu maka internet pun memiliki etika tersendiri yang biasanya berlaku di komunitas ataupun di forum-forum yang disebut Nettiquette atau netiket.

Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
  1. Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall
     
  2. Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya. 
  3. Dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu :
    • jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit 
    • jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas. 
    • jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
    • jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum
Oleh karena itu, bijaklah dalam menggunakan internet, karena internet merupakan kebutuhan kita bersama dan semua orang mempunyai hak yang sama dalam menggunakan dan memanfaatkannya untuk hal yang positif.


Kesimpulan : etika dalam berinternet ini sangatlah penting, karena internet merupakan sarana informasi dan komunikasi setiap orang atau pengguna internet ini yang seringkali banyak yang menyalahgunakannya. Maka, gunakanlah layanan internet ini sebaik mungkin dengan hal-hal yang positif agar tidak merugikan diri anda sendiri dan juga orang lain.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar